Monday, July 2, 2012

PERSIAPAN MENUJU RAMADHAN

 

~Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab danSya'ban, sertapertemukanlah kami denganbulanRamadhan~

Ada beberapa persiapan yang perlu kita siapkan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan:

1. PersiapanRuhiyah
Persiapan ruhiyah yang kita perlu kan adalah dengan cara membersihkan hati dari penyakit aqidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas.Saat-saat keikhlasan bersenyawa dalam diri kita sepanjang Ramadhan merupakan saat-saat terbaik yang akan menjamin kita memperoleh ampunan Allah SWT.

Dalam firman Allah :
"Barangsiapa yang berpuasa kerana iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (Muttafaq 'Alaih)

2. Persiapan Fikriyah
 
Agar Ramadhan kita benar-benar efektif, kita perlu membekalkan diri dengan persiapan fikriyah. Sebelum Ramadhan tiba sebaiknya kita telah menyiapkan diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan amalan-amalan dibulan Ramadhan. Tentang kewajipan puasa, keutamaan puasa, hikmah puasa, syarat dan rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, serta sunnah-sunnah puasa. Juga tarawih, I'tikaf, zakat, dan sebagainya.

3. Persiapan Jasadiyah.
 
Ibadah pada bulan Ramadhan memerlukan persiapan Jasadiyah yang baik.Dengan jasadiyah yang baik kita pun bisa mengoptimumkan ibadah-ibadah ramadhan dan aktiviti harian kita. Jangan sampai kerana jasadiyah kita lemah malah menyebabkan aktiviti selama ramadhan menjadi tidak produktif. Oleh itu, kita perlu mempersiapkan jasadiyah kita dengan berolah raga, makan makanan sehat dan berkhasiat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga kesihatan kita tetap terjaga sampai ramadhan selesai.

4. PersiapanMaliyah.
 
Persiapan maliyah yang diperlukan dalam menyambut bulan Ramdhan bukanlah untuk membeli baju baru,  menyediakan kuih-kuih lazat untuk AidilFitri, dan lain-lain. Kita justeru memerlukan sejumlah dana untuk memperbanyak infaq, memberi ifthar (bukapuasa) orang lain dan membantu orang yang memerlukan. Tentu saja bagi yang memiliki harta yang mencapai nishab dan haul wajib mempersiapkan zakatnya. Bahkan, jika kita mampu berumrah di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang bernilai luar biasa; seperti nilai haji bersama Rasulullah SAW.
Semoga persiapan kita mengantarkan ibadah shaum dan  berbagai ibadah lainnya, sebagai yang terbaik dalam sejarah Ramadhan yang pernah kita lalui.

~waalaikumusalam wbt~

0 comments: