Wednesday, July 21, 2010

Terungkap Rencana Israel Bangun Pemukiman Yahudi di Syekh Jarrah

Images_news_2010_Juli_20_ista_300_0_300_0

Jerusalem (Al-Quds Terjajah) – Infopalestina: Organisasi Peace Now (organisasi anti Israel) yang bekerja di Israel mengungkap adanya rencana pembangunan pemukiman yang disiapkan oleh warga pro pemukiman untuk membangun bangun tiga lantai di Kubaniah Umm Haron di kampung Syekh Jarrah di Jerusalem.

Salah satu tim pemantau pembangunan pemukiman yahudi di organisasi Peace Now, Hajeet Aovar menegaskan, warga pemukim yahudi mengajukan rencana pembangunan gedung baru pada Ahad lalu untuk memperoleh izin dari pemerintah daerah penjajah Israel. mereka meminta izin membangun bangunan tiga lantai di Kobaniah Umm Haron di kampung Al-Jarrah. Ia menilai bahwa rencana baru ini adalah bagian dari rencana warga pemukiman Israel untuk yahudisasi Jerusalem.

Di sisi lain, kepala Urusan Perpetaan di Lembaga Studi Arab, Khalil Tafkuji bahwa Kobaniah Umm Haroon adalah tanah dimonopoli selama 99 tahun dan sudah habis masa kekuasaannya. Ia mengisyaratkan bahwa ada masalah yang berlanjut antara warga dan pemilik tanah. Ia menegaskan, pendirian pemukiman tersebut pada saat ini berarti Israel melanjutkan terus politiknya membangun pemukiman di kampung-kampung Palestina. Tujuannya, agar kota Al-Quds tidak terbagi kedua kali. Rencana ini masuk dalam lingkup politik menghubungkan Al-Quds barat melalui jalan Nuthfah di Syekh Jarrah dan wilayah Karm Mufti dan Universitas Israel.

Khalil menegaskan bahwa pasukanis berusaha mendirikan sebuah "bendungan pemukiman" yang memanjang di Jerusalem barat hingga wilayah Univeritas Israel karena beberapa factor. Di antaranya, membagi kampung-kampung Palestina menjadi kelompok-kelompok mozaik yang mudah dikuasai keamanannya, demografi dan geografinya. Pemukiman ini juga bertujuan ekspansi wilayah setelah mengusir warga Palestina dari sana. (bn-bsyr)

kredit: http://www.infopalestina.com/ms/

0 comments: